Tupoksi 

Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi mempunyai tugas membantu bupati dalam melaksanakan sebagian urusan kabupaten dibidang pengolahan data secara elektronik melalui komputerisasi serta pengembangan data sistem informasi, melayani masyarakat umum, kearsipan dan dokumentasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

KEPALA KANTOR

 

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi mempunyai fungsi :

    1. Menyiapkan rencana strategis Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
    2. Melaksanakan semua program dan kegiatan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
    3. Membuat laporan akuntabilitas kinerja Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi ;
    4. Memimpin segala kegiatan dinas.
    5. Memberikan saran-saran dan atau pertimbangan kepada bupati baik diminta atau tidak, sehubungan dengan langkah-langkah atau tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya tepat pada waktunya.
    6. Melaksanakan perintah dan perintah bupati.
    7. Melaksanakan pengawasan, pembinaan dan evaluasi terhadap bawahan dalam pelaksanaan tugas.
    8. Melaporkan segala kegiatan kepada bupati.

 

KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas pokok melakukan program kerja Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi yang meliputi urusan kepegawaian, urusan keuangan, urusan surat menyurat, perlengkapan dan rumah tangga serta urusan perencanaan teknis Kantor Pengolahan Data Elektronik,

Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Subbag Tata Usaha mempunyai fungsi :
a.  Membantu kepala kantor dalam menyusun rencana strategis Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.

  1. Melaksanakan semua program dan kegiatan sesuai dengan yang ditetapkan dibidang Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
  2. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan dan naskah dinas dibidang tugasnya.
  3. Menyiapkan bahan koordinasi serta menyusun program dan rencana kegiatan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
  4. Membuat usulan anggaran rencana kegiatan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
  5. Mengelola ketatausahaan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi;
  6. Melaksanakan urusan umum, kepegawaian, surat-menyurat, perlengkapan rumah tangga Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi.
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

 

Kepala Seksi Pengumpulan dan Pengolahan Data mempunyai tugas pokok menyusun rencana program teknis dan kebijakan serta membantu sebagian pekerjaan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi dibidang pengumpulan dan pengolahan data secara elektronik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pengumpulan dan Pengolahan Data  mempunyai fungsi :

  1. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan dan naskah dinas dibidang pengumpulan dan pengolahan data, telematika, evaluasi dan informasi data.
  2. Melaksanakan semua program dan kegiatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dibidang pengumpulan dan pengolahan data, telematika, evaluasi dan informasi data.
  3. Membantu kepala kantor dalam menyusun rencana strategis dibidang pengumpulan dan pengolahan data, telematika, evaluasi dan informasi data.
  4. Melakukan koordinasi dan kerjasama antar kepala seksi.
  5. Mengumpulkan data dan bahan serta mengkaji, mengklasifikasikan dan menginventarisir data dan bahan yang masuk atau disampaikan oleh dinas/ instansi kedalam format yang telah disediakan secara akurat.
  6. Merencanakan, mempersiapkan, mengolah, menelaah dan menyusun rumusan kebijakan teknis penyajian data dalam bidang telematika.
  7. Melakukan membangun dan pengembangan Aplikasi SIMDA dan SIMKAB.
  8. Menyusun standarisasi pedoman, prosedur tetap tentang pendayagunaan sistem informasi dalam kerangka SIMDA.
  9. Menerapkan dan mendayagunakan sistem informasi dalam kerangka SIMDA/SIMKAB
  10. Instalasi dan implementasi aplikasi-aplikasi SIMDA/SIMKAB.
  11. Melakukan penyuluhan sebagai bahan tekhnis serta pengendalian pengolahan data fungsional pada unit kerja di lingkungan  pemkab.
  12. Menganalisa data dan tampilan informasi.
  13. Menyiapkan bahan penyusunan program pelaksanaan kegiatan serta mengkaji dan mengembangkan proses telematika.
  14. Melakukan pengolahan, perekaman, pengendalian, serta pendistribusian data dan bahan melalui perangkat komputer serta menyajikan data dan bahan dalam bentuk laporan/buku maupun media visual termasuk menampilkan data dalam situs Internet berupa home page.
  15. Menyusun, merencanakan program kebijakan serta melakukan perbaikan dan peremajaan data.
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

 

KEPALA SEKSI  PERPUSTAKAAN

 

Kepala Seksi Perpustakaan mempunyai tugas melayani masyarakat umum dan kedinasan di bidang pelayanan informasi, pengendalian, pengembangan dan pembinaan terhadap semua jenis perpustakaan di lingkungan pemerintah daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. Pengadaan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, perawatan, deposit, pelestarian dan penyajian bahan pustaka dari dalam dan luar negeri serta karya rekam pemerintah daerah.
  2. Bimbingan dan masyarakatan pustaka.
  3. Penyusunan dan penerbitan bahan rujukan berupa bibliografi daerah, bibliografi subyek, katalok induk, abstrak, kumpulan karangan ilmiah dan makalah.
  4. Pengendalian dan pengembangan sistem dan kerjasama jaringan informasi keputusan antar badan / lembaga perpustakaan di dalam dan luar negeri.
  5. Pelayanan pustaka dan bahan rujukan serta penelusuran informasi bahan pustaka.
  6. Pengembangan profesi jabatan pustakawan.
  7. Pengelolaan dukungan  teknis dan administratif.

KASI KEARSIPAN DAN DOKUMENTASI

 

Kasi Kearsipan dan Dokumentasi mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan dan penyelenggaraan akusisi, pengolahan dan pelestarian serta pelayanan arsip dan dokumentasi sebagai sumber informasi.
Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Kearsipan dan Dokumentasi mempunyai fungsi :

    • Penyusunan rencana dan program dibidang kearsipan dan dokumentasi daerah.
    • Pembinaan koordinasi dibidang kearsipan dan dokumentasi terhadap unit-unit kerja dilingkungan pemerintah daerah.
    • Penelitian dalam upaya pengembangan sistem dan pelayanan informasi kearsipan dan dokumentsi daerah.
    • Penilaian arsip inaktifdalam rangka penyusutan arsip.
    • Penilaian dan akusisi arsip statis dalam rangka penyelamatan bahan pertanggungjawaban daerah.
    • Penggalian dan penelusuran arsip dan dokumen kedinasan, swasta dan perorangan yang berhubungan dengan penyelenggaraan daerah serta perkembangan Kabbupaten Tanjung Jabung Barat.
    • Penyelengaraan hubungan kerjasama bidang kearsipan dan dokumentasi.
    • Pengelolaan dukungan teknis dan administratif.

     

     

 

 

Lingkup Bidang Terkait

PDE - Pengolahan Data Elektronik

Kegiatan yang dilaksanakan di Seksi Pengolahan Data Elektronik adalah pengelolaan situs web pemerintah daerah, pengelolaan jaringan infrastruktur intranet dan internet, pengelolaan aplikasi (konten), dan pengelolaan hosting

Perpustakaan

Salah satu bentuk pelayanan umum sebagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat dan menumbuhkan minat baca.

Kearsipan dan Dokumentasi

Menyediakan fasilitas penyimpanan dokumentasi secara manual maupun elektronik yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat.